Berita

Tuntaskan 6 Program Prioritas Kanwil Kemenag Sumbar

Rabu, 8 Mei 2024 15:41 WIB
  • Share this on:

Pasaman, Humas--Ada enam program prioritas yang diapungkan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024.

Program-program tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Yasril, saat menutup Rapat Kerja (Raker), di Auditorium Hotel Arumas Lubuk Sikaping, pada Selasa (7/5).

Dijabarkan olehnya, pertama adalah zona integritas. Dimana, Kemenag Pasaman bisa mewujudkan lembaga bebas korupsi dan bersih melayani, atau WBK dan WBBM.

Kedua, menghadirkan manajemen birokrasi yang baik. Termasuk di KUA dan madrasah. Manajemen yang bagus itu, dikatakan Yasril memiliki planning, actuating, organizing dan controling. 

Lanjut Yasril yang ketiga, Kakanwil menekankan juga tentang pendirian rumah ibadah, yang berpedoman pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Agama Nomor 8 dan 9 Tahun 2016.

Lalu yang keempat program prioritas itu adalah, percepatan sertifikasi tanah wakaf. Karena ini merupakan program Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Kelima, jaminan produk halal. Dan keenam adalah penerapan metode gasing oleh guru mata pelajaran matematika.

Kakan mengatakan, keenamnya beralas dan penunjang terlaksananya 7 program prioritas Kemenag. Semuanya harus terlaksana tuntas.

Sebab, disampaikan Yasril, pelaksanaan 6 program prioritas itu, masuk dalam perjanjian kinerja (Perkin) yang telah ditandatanganinya. 

Sebelumnya, Yasril mengatakan dari raker ini, lahirnya perencanaan yang baik. Dari perencanaan yang baik, akan memunculkan input, output dan outcome yang diharapkan. 

Penulis:
M.Yusuf Aunur Sabri, SH