Berita

Kalam Ilahi Membahana Di Arena MTQ Lubuk Gadang

Jumat, 26 Juli 2024 10:34 WIB
  • Share this on:

Guo Siayuang, Humas--Kalam Ilahi membahana dari arena MTQN ke XXVII Tingkat Nagari Lubuk Gadang, Kamis (25/7).

Pada even tersebut, Kepala KUA Kecamatan Mapat Tunggul Syahrizal menyampaikan apresiasi dan berharap sukses penyelenggaraan dan tujuan.

Ia mengatakan, MTQ ini adalah festival Keagamaan Islam yang bertujuan untuk mengagungkan Al Qur'an yang sudah mentradisi dilakukan di Indonesia sejak tahun 1940 an. Dan juga diatur dalam PMA Nomor 15 Tahun 2019, yang menjelaskan MTQ adalah perlombaan seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya ilmiah Al-Qur'an, dan hafalan Hadis.

Maka, pesan Syahrizal MTQ yang diselenggarakan nagari dengan bertemakan "MTQ Hebat Untuk Generasi yang Beradab" dapat melahirkan generasi cerdas al quran. Juga, munculnya potensi kafilah Mapat Tunggul, yang akan mengikuti MTQN Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2024 ini.

"Disamping perlombaan siapa menjadi yang terbaik juga persiapan kafilah Mapat Tunggul untuk MTQ tingkat Kabupaten nantinya. Oleh karena itu pesannya untuk yang juara agar tingkatkan dan lebih giat lagi latihannya karena nanti akan di seleksi pihak kecamatan untuk kafilah tingkat kabupaten", sampainya lagi.

Pesan terpenting dalam pelaksanaan MTQ ini menanamkan kecintaan kita kepada Al-Qur'an dalam bentuk penghayatan, pemahaman, dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mewujudkan generasi yang Qur'ani, generasi yang hebat, generasi, bermartabat, dan generasi beradab. 

Syahrizal menginformasikan, MTQ diikuti kafilah dari tiga kejorongan yaitu Jorong Lubuk Gadang, Jorong Guo Siayung, Jorong Marapan. Dan MTQ kali ini merupakan MTQ tingkat nagari yang keempat pelaksanaannya dari empat Nagari yang ada di Mapat Tunggul. 

Editor:
Yusuf AS
Kontributor:
Solihin